Recent in Sports

Comments

Ads

Random Posts

Beberapa permasalahan Pleci di arena lomba dan solusi mengatasinya


Perawatan pleci, khususnya untuk dilombakan, tentu membutuhkan beberapa faktor pendukung agar burung tampil maksimal di lapangan, sesuai dengan kapasitas terbaik dari pleci itu sendiri. Faktor pendukung, atau bisa disebut sebagai x-factor,  inilah yang mesti dikuasai plecimania. 

Beberapa faktor tersebut, terutama perawatan, bahkan sangat bervariasi tergantung kebiasaan yang diterapkan pemilik atau perawat terhadap burungnya. Soal pakan, misalnya, ada yang tidak menggunakan voer tetapi konsisten dengan extra fooding (EF) dan buah-buahan saja. Tetapi ada juga yang memberikan voer, ditambah EF lengkap, dan ada lagi yang memberikan pakan khusus sebelum lomba, seperti yang dilakukan Om Romzy dengan pemberian doping ulat hongkong (UH) terhadap pleci jawaranya.

Beberapa permasalahan pleci di arena lomba
  1. Pleci tidak siap lomba, atau belum memiliki mental yang cukup
    Untuk mengatasi masalah ini, biasakan sangkar burung selalu berpindah-pindah lokasi saat digantang di rumah. Anda juga perlu sering membawanya jalan-jalan atau berkumpul bersama sesama plecimania di suatu tempat. Setelah burung berani berbunyi di tempat ramai atau lokasi yang baru, maka pleci bisa diajak ke latber, meski masih sebatas lokalan. Jika mentalnya sudah teruji, barulah burung dibawa ke even lomba yang lebih besar.
  2. Burung kerap bertingkah nakal di lomba
    Burung yang sering bertingkah nakal di lapangan, misalnya loncat-loncat, biasanya merasa tidak nyaman dengan sangkar dan / atau tenggerannya. Bisa jadi sangkar terlalu luas, jarak antartenggeran  terlalu tinggi atau berjauhan. Jika masalah pleci nakal diakibatkan sangkar atau tenggerannya, solusi terbaik adalah mencari sangkar yang cocok untuk pleci Anda. Anda juga bisa melihat sangkar dan tenggeran yang biasa digunakan pleci-pleci yang sering juara. Meski bukan jaminan mutlak, karena banyaknya kombinasi x-factor, tidak ada salahnya untuk menggunakan bentuk dan ukuran sangkar dan tenggeran yang digunakan pleci jawara tersebut. Jika nggak ngaruh, berarti faktor lain yang berbicara (perawatan, kualitas burung, dan sebagainya).
  3. Saat berlomba, burung malah makan atau mencari pakan
    Khusus untuk burung yang sering mencari makanan sewaktu lomba, maka sebelum digantang, biasakan mengenyangkan dulu jagoan Anda, terutama dengan memberikan EF seperti ulat hongkong atau serangga lainnya. Jika sudah kenyang, barulah digantang. Jangan lupa selalu membersihkan alas sangkar sebelum digantang, karena bisa menarik perhatian pleci untuk mencari sisa-sisa pakan yang jatuh di dasar sangkar.
Itulah beberapa x-factor agar pleci bisa tampil maksimal di arena lomba.
Semoga bermanfaat.

dari omkicau,com

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates