Blog Archive

Recent in Sports

Comments

Ads

Random Posts

Mengatasi Problem Pleci Angkat Kaki Saat Dilombakan


Berdiri sambil mengangkat sebelah kaki merupakan salah satu kebiasaan unik yang dilakukan burung. Kondisi ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Biasanya burung melakukan hal itu sebagai salah satu bentuk adaptasi untuk meminimalisasi kehilangan panas tubuh, atau dikenal dengan istilah rete mirabile birds.


Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para kicaumania ketika burung piaraannya sering sekali mengangkat sebelah kakinya sepanjang hari, atau ketika sedang berbunyi. Kondisi seperti inilah yang membutuhkan penanganan atau tindakan segera, khususnya burung-burung yang kerap dilombakan seperti pleci.


Secara umum, ada beberapa penyebab mengapa burung pleci selalu mengangkat sebelah kakinya pada saat sedang berdiri maupun sedang berbunyi, baik di rumah maupun di arena lomba, antara lain:
1. Tenggeran / tangkringan tidak sesuai
Tenggeran / tangkringan yang tidak sesuai dengan cengkeraman kaki akan membuat pleci sering sekali mengangkat salah satu kakinya. Misalnya diameter tenggeran terlalu kecil, atau bahkan terlalu besar, sehingga kaki burung tidak bisa mencengkeram secara tepat dan nyaman.
Karena itu, pastikan diameter maupun tekstur tenggeran benar-benar nyaman untuk burung pleci Anda. Tenggeran yang umum digunakan para pleman terbuat dari bahan kayu asem atau bambu jepang.

2. Kaki burung cedera
Cedera kaki, seperti terkilir atau terdapat luka, juga bisa membuat pleci selalu mengangkat sebelah kakinya. Cedera tersebut bisa disebabkan beberapa hal, misalnya tekstur tenggeran yang terlalu kasar / tajam, kuku / kaki burung tersangkut jeruji, sangkar terjatuh, atau trauma akibat diserang hewan predator.
Karena itu, jika melihat pleci Anda selalu mengangkat salah satu kakinya, perhatikan juga apakah ada tanda-tanda luka atau cedera. Dengan demikian, Anda bisa segera memberikan pengobatan.

3. Kondisi burung kurang fit
Penyebab lain burung pleci sering mengangkat sebelah kakinya ketika berdiri atau berbunyi adalah kondisinya yang kurang fit. Beberapa faktor penyebab kondisi burung kurang fit antara lain suhu / cuaca, tidak terpenuhinya zat gizi (nutrisi), gangguan kesehatan (penyakit), dan sebagainya.
Untuk mengatasinya, mulailah dengan merubah pola perawatan hariannya. Burung yang tadinya jarang dimandikan harus lebih sering dimandikan, terutama ketika kondisi cuaca sedang terik.
Selain itu, lengkapi kebutuhan pleci dengan rutin memberikan buah-buahan yang bervariasi serta serangga seperti ulat hongkong. Untuk menjaga kondisinya agar selalu fit, 
4. Burung tidak pernah diumbar / dijemur
Burung pleci yang tidak pernah dijemur juga kerap mengangkat sebelah kakinya saat berbunyi. Ketika suhu tubuh mulai menurun, burung akan sering mengangkat salah satu kakinya.
Karena itu, penjemuran merupakan salah satu perawatan wajib bagi semua jenis burung kicauan. Jika perlu, burung juga bisa dimasukkan ke kandang umbaran agar tubuhnya tetap hangat, selalu aktif dan lincah bergerak.
Itulah informasi mengenai penyebab dan solusi mengatasi pleci yang gemar mengangkat sebelah kakinya sewaktu berbunyi.
tips dan solusi
  • Sediakan waktu yang cukup sebelum Anda berangkat dari rumah ke arena lomba / lapangan. Dengan demikian, Anda tak perlu terburu-buru saat mengendarai motor atau mobil bersama gaco yang bakal dilombakan.
  • Bawa pleci kesayangan Anda secara hati-hati. Berkendaralah dengan hati yang nyaman serta serileks mungkin
  • Jangan lupa menyediakan tangkringan cadangan yang dipasang saat berangkat ke lapangan saja.
  • Tangkringan cadangan ini sebaiknya memiliki permukaan yang cukup kasar, agar punya grip terhadap kaki pleci. Ukurannya pun sebesar telapak / cakar pleci. Dengan demikian, selaman dalam perjalanan, pleci dapat mencengkeram sebaik mungkin.
  • Setiba di lapangan, tangkringan cadangan ini segera diganti dengan tangkringan yang sesuai dengan setingan nagennya.
Semoga bermanfaat.
disunting dari omkicau.com

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates