Blog Archive

Recent in Sports

Comments

Ads

Random Posts

Bebaskan Mbagong dan sehatkan Kacer dengan Mandi Pasir


Menangani dan menyiasati kacer mbagong memang gampang-gampang susah. Apalagi bagi Anda yang baru saja menyukai atau memelihara kacer, tentu saja akan langsung panik jika melihat burung kesayangan mbagong ketika ditrek dengan burung lain. 

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa ternyata burung mbagong adalah kebanyakan burung yang bagus. Karenanya, di antara mereka kadang kala banyak yang mimilih kacer yang mbagong ketika mereka diminta untuk memilih kacer yang mbagong dan yang tidak.

Ada sebuah teknik yang sudah umum di kalangan kacer mania bagaimana cara mengatasi kacer mbagong tersebut yang efektif. Salah satu yang paling populer adalah mandi pasir. Mandi pasir pada burung sebenarnya bukan hal yang baru sebab pada umumnya banyak burung di alam/habitatnya yang kerap kali melakukan mandi pasir ini

Mandi pasir pada kacer dapat dijadikan sebagai terapi untuk mengatasi mbagong karena bisa menekan atau menurunkan birahi. Kelebihan lainnya, burung yang menjalani terapi mandi pasir, juga bisa menjadi lebih sehat dan berumur panjang. Hal ini disebabkan karena pada saat kacer sedang mandi pasir, mereka secara tidak sengaja juga kerap kali mengonsumsi sejumlah mineral yang terdapat pada pasir. Mineral ini berfungsi dalam membantu proses kimia dan elektrik pada tubuh burung sehingga burung menjadi lebih sehat dan berumur panjang.


Adapun cara melakukan terapi mandi pasir pada kacer dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

  • Siapkan pasir halus atau bubuk batu bata secukupnya yang telah diayak. Hal ini bertujuan agar didapat pasir atau bubuk batu bata yang halus sehingga burung akan lebih nyaman ketika mandi.
  • Siapkan bak keramba yang bersih dan tidak bau
  • Ambil pasir atau bubuk batu bata tersebut lalu masukkan ke dalam bak keramba
  • Masukkan kacer ke dalam keramba dan biarkan kacer Anda mandi sendiri. Jangan lupa selama mandi awasi burung tersebut supaya kalau sudah puas mandi bisa langsung dientas.
  • Setelah itu, masukkan kacer ke dalam sangkar harian sementara Anda bisa membuang pasir atau bubuk batu bata tersebut untuk diisi dengan air bersih.
  • Berikutnya, kacer Anda boleh dimasukkan kembali ke dalam keramba yang telah diisi air untuk dimandikan lagi, tetapi dengan catatan sepanjang kacer Anda mau. Jika tidak mau, jangan paksakan. Mandi di sini hanya bertujuan agar kotoran atau sisa pasir yang masih menempel pada bulu burung bisa dibersihkan dan juga agar kacer Anda bisa lebih nyaman.
  • Setelah itu, kacer bisa diangin-anginkan lalu dikerodong untuk dimasukkan ke dalam rumah

Catatan:
  • Mandi pasir bisa dilakukan dalam keramba dan bisa juga dilakukan dalam kandang umbaran
  • Sebaiknya mandi pasir dilakukan pada sore hari supaya burung bisa lebih nyaman dan tidur nyenyak pada malam harinya

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates