Blog Archive

Recent in Sports

Comments

Ads

Random Posts

Terapi sederhana pleci yang susah ngalas ngerol


Berdasarkan pengalaman para plecimania, burung pleci yang diperoleh dari ombyokan meski telah dirawat selama 3 bulan lebih, cenderung hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja. Kalaupun bisa bersuara ngalas, biasanya setelah ia mendengar suara pleci liar atau suara rekaman pleci betina. Namun tak semua pleci ombyokan susah bunyi, 

Akibatnya, menjadi mudah merasa bosan ketika plecinya tak kunjung bunyi. Namun, bagi plecimania sejati, mereka akan berusaha mencari penyebab burung tidak mau mengeluarkan suara ngalasnya, meski sudah dirawat berbulan-bulan.

Saat memilih pleci ombyokan, selain memilih burung jantan, kita juga harus bisa mengamati mana pleci yang diprediksi merupakan satu koloni sewaktu di alam liar. Umumnya pleci-pleci tersebut akan saling mengikuti satu sama lainnya. Nah, burung-burung itu yang nantinya kita ambil untuk menjadi partner dari pleci yang kita anggap potensial tersebut.

Mengamati jenis pakan yang disukainya
Ada beberapa pleci yang sangat suka dengan satu jenis pakan tertentu, tapi kurang begitu menyukai pakan yang lainnya. Untuk itu, kita bisa melakukan pengamatan lebih lanjut. Masalah pakan menjadi satu hal yang juga harus diperhatikan, terutama pada pleci rawatan lama yang susah ngalas atau ngerol.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai ulat hongkong, maka perawatan harian bisa dilakukan dengan memberikan ulat hongkong warna putih sebanyak 4 – 5 ekor pada pagi dan sore hari.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai kroto, maka perawatan harian bisa dilakukan dengan memberikan kroto sebanyak satu sendok teh pada pagi dan sore hari.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai ulat kandang, maka perawatannya pun bisa diakukan dengan memberikan ulat kandang sebanyak satu cepuk setiap pagi dan sore harinya.
Perawatan khusus bagi pleci susah ngerol
Selain perubahan dalam pemberian pakan, pola perawatan harian yang bisa diterapkan bagi pleci rawatan baru atau lama yang susah ngerol adalah sebagai berikut:
  • Rutin melakukan pengembunan, di mana sangkarnya bisa dikerodong maupun tidak dikerodong. Jika memiliki beberapa ekor pleci, sangkarnya bisa digantang berjejeran. Saat pleci diembunkan, maka pakan harus sudah disiapkan dalam cepuknya.
  • Setelah matahari mulai terbit, masing-masing sangkar pleci dipisahkan agak berjauhan, sehingga mereka akan saling memangil satu sama lain. Hal ini akan merangsangnya untuk mengeluarkan suara ngalas atau ngerol.
  • Lakukan hal itu secara rutin, sampai pleci-pleci tersebut terbiasa mengeluarkan suara ngalasnya tanpa perlu dipancing oleh suara pleci lain dalam satu koloninya.
  • Untuk lebih memancing pleci agar makin rajin mengeluarkan ngalas / ngerol, maka saat digantang berjejeran (baik saat dijemur atau istirahat), pleci tersebut berada di tengah-tengah koloninya.
Sambil tetap melakukan pola perawatan teratur lainnya seperti mandi, jemur, dan dibawa jalan-jalan, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama jagoan Anda akan lebih rajin mengeluarkan suara ngalas dan ngerol, sampai akhirnya siap untuk dilombakan.
Semoga bermanfaat.

disunting ulang dari omkicau.com

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates