Blog Archive

Recent in Sports

Comments

Ads

Random Posts

Trik Membuat Pleci bersuara lebih Lantang dari biasanya


Pleci merupakan burung koloni atau terbiasa hidup secara berkelompok. Salah satu cara yang bisa membuat pleci lebih rajin berbunyi adalah memeliharanya bersama beberapa ekor burung sejenis, atau minimal rutin membawanya jalan-jalan agar bisa bertemu burung sejenis dalam latberan atau gathering.

Selain itu, ada beberapa usaha lain untuk membuat pleci memiliki penampilan maksimal, misalnya dengan  mengatur pakan dan perawatan harian

1. Mengistirahatkan burung pada malam hari
Biasakan burung pleci beristirahat pada malam hari. Buat pleci Anda senyaman mungkin dengan memberi kerodong pada sangkarnya, tanpa terusik oleh apapun yang bisa mengganggunya.
Dengan memberi waktu istirahat yang cukup, maka burung akan memiliki energi maksimal pada keesokan harinya, yang akan digunakannya untuk beraktivitas termasuk berkicau.
Salah satu cara agar burung bisa beristirahat tenag di malam hari adalah mematikan lampu ruangan di mana pleci berada, atau mengganti lampu yang digunakan dengan lampu berdaya kecil.
2. Mengembunkan secara berjauhan
Pengembunan juga bisa memicu gairah burung pleci agar bersuara lantang. Pengembunan sangat baik untuk burung kicauan.
Jika Anda memelihara pleci lebih dari 1 ekor, maka saat pengembunan pastikan burung digantang saling berjauhan dan tidak saling melihat. Sebab begitu matahari mulai terbit, semua burung saling memanggil rekan-rekannya dengan suara cukup keras.
Di sini Anda bisa memperhatikan mana burung yang sekiranya bakal menjadi burung bagus, dengan cara memperhatikan siapa yang bersuara paling lantang.
3. Mandi dan jemur bersama-sama
Setelah matahari terbit, atau sekitar pukul 06.00 – 06.30, burung bisa dimandikan. Dalam hal ini, burung dimandikan bersama-sama, dengan mendempetkan sangkar-sangkar mereka, lalu mulai disemprot satu persatu, sambil memasukkan air bersih dalam jumlah banyak dalam cepuk minum atau bak mandi.
Bisa juga menggunakan karamba mandi secara bergantian, atau tetapi sangkar-sangkar tetap berada di dekar karamba.
4. Saatnya pemasteran
Setelah itu, bersihkan kandang dan jangan mengganti air minum dan pakannya. Selanjutnya, burung pleci dijemur dengan sangkar berjejer.
Saat penjemuran, burung-burung pleci bisa diperdengarkan suara masteran atau suara lainnya yang bisa memancingnya untuk berbunyi.

disunting dari omkicau.com

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates