Blog Archive

Recent in Sports

Comments

Ads

Random Posts

Mengetahui Birahi Lovebird sebelum Lomba dengan batang kangkung


Om Said memiliki cara unik dalam mendongkrak birahi lovebird sebelum lomba. Tips ini diterapkannya pada sejumlah lovebird jawara koleksinya, termasuk pada lovebird Pilot.
“Sebelum digantang, saya selalu mengecek dulu kondisi birahinya. Media yang digunakan adalah batang kangkung,” jelas Om Said.
Dalam hal ini, lovebird akan dipancing dengan cara disodori batang kangkung. Jika burung mengejar-ngejar tangan yang menyodorkan batang kangkung, berarti kondisi birahinya bagus.
“Di lapangan, burung pasti akan tampil maksimal. Sebaliknya kalau burung nggak ada  respon, tidak mau menggigit kangkung, pasti penampilannya tidak maksimal atau hanya bunyi sesekali saja,” jelas Om Said.
Selain menggunakan batang kangkung, tambah Om Said, menaikkan birahi lovebird juga dapat dilakukan dengan tangan pemilik atau perawatnya. Metode ini sering diterapkan pada LB Pilot sebelum digantang di arena lomba.
Mengenai perawatan lovebird Pilot, Om Said menyebutnya sangat simpel. Setiap hari, burung dimandikan dua kali: pagi dan sore. Tetapi kalau hari Minggu mengikuti lomba, maka hari itu burung tak dimandikan dulu. Cukup digoda dengan tangan sebelum digantang.
“Semua lovebird jawara tersebut kini sudah menjadi indukan di kandang ternak saya. Nantinya lovebird Pilot juga bakal saya jadikan indukan,” tutur Om Said, yang baru saja mengakhiri tugasnya sebagai ketua Jambi Team.
Hanya dengan cara seperti itulah, dia dapat menghasilkan anakan lovebird prospek, karena semua induk pernah menjuarai lomba. Jika kedua induk lovebird punya sifat genetik yang bagus, kemudian ditopang dengan perawatan yang maksimal, tentu peluang mendapatkan anakan lovebird berkualitas juga makin besar.
Hampir semua anakan lovebird yang dihasilkannya laris-manis di tangan para pemain lovebird lainnya di wilayah Jambi dan sekitarnya. Sebagian lagi akan diorbitkannya, supaya kelak bisa menjadi indukan yang berkualitas pula.
Berikut ini beberapa prestasi lovebird Pilot:
NAMA EVENTANGGALJUARA
Ramadhan Cup, Jambi20 Juli 20141, 2
Spesial Kemerdekaan KLI Jambi17 Agt 20141
Even Bakung Team, Jambi31 Agt 20141, 2
Kapolda Cup 2 Jambi02 Nov 20143
Road to BnR Award, Jambi08 Mar 20151, 3
Sumatera Bersatu Cup, Palembang15 Mar 20151, 1, 2
Ambasador Bird Cup, Jambi12 Apr 20152
Liga Gubenur, Jambi10 Mei 20152
Samudera Bird Shop, Bangko14 Juni 20151, 1, 1
Bird Farm 88, Jambi20 Juni 20151
sumber omkicau.com

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates