Blog Archive

Recent in Sports

Comments

Ads

Random Posts

Panjangkan Ekor Murai pasca Mabung dengan Cacing Tanah


Cacing tanah termasuk ke dalam salah jenis EF (Ekstra Fooding) yang banyak diberikan oleh penghoby burung, utamanya untuk Murai Batu dan Kacer. Hal ini disebabkan karena pakan ini mempunyai manfaat yang besar dalam menumbuhkan minat berlicau burung, khususnya untuk Murai Batu.

Ada banyak jenis cacing tanah yang bisa Anda peroleh di kios-kios burung. Selain untuk kebutuhan sebagai umpan pancing, cacing-cacing ini juga dijual khusus untuk burung. Karenanya, bagi Anda yang tinggal di perkotaan, Anda tidak perlu bersusah-susah untuk mendapatkan jenis EF ini karena sudah banyak tersedia di kios-kios burung namun itu biasanya hasil tangkaran.

Di antara sekian banyak cacing tanah, yang cocok diberikan untuk burung murai batu ada beberapa jenis. Pertama, Cacing Merah (Lumbricus Rubellus), Cacing Bayam (Eisenia SP), dan Cacing Tanah (Lumbricus Terestris).

Cacing tanah ini sangat baik jika diberikan pada burung Murai Batu sebab tidak hanya bisa membuatnya menjadi semakin gacor dan selalu produktif beranak-pinak di sangkar penangkaran. Cacing tanah juga bisa membuat ekor burung Murai Batu yang pendek menjadi lebih panjang. Hal ini tidak lepas dari kandungan cacing tanah yang memang sangat bagus untuk pertumbuhan ekor burung Murai Batu tersebut.

Pemberian Cacing Tanah untuk Murai batu tentu saja harus diberikan secara rutin namun ini tidak diberikan pada setelan harian. Pemberian Cacing Tanah harus dilakukan pada saat burung Murai Batu bodol atau mabung. Namun pastikan, saat Anda memberikan Cacing Tanah ini, kondisi bulu burung sudah mulai tumbuh, khususnya ekor. Jika belum tumbuh atau bahkan mungkin belum jatuh, sebaiknya pemberian Cacing Tanah ini harus dipending.

Untuk cacing yang berukuran besar seperti Cacing Tanah (Lumbricus Terestris) sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu lalu bersihkan bagian dalamnya lalu berikan. Sedangkan untuk cacing yang mempunyai ukuran lebih kecil, sebaiknya cacing direndam terlebih dahulu supaya isi dan kotoran cacing tersebut keluar terlebih dahulu. Esok harinya, cacing baru boleh diberikan pada burung. Pemberian cacing ini tidak boleh dilakukan setiap hari namun setidaknya dua hingga kali dalam seminggu. 

Sementara itu, selama Anda memberikan cacing, rawatan harian untuk Murai Batu yang mabung diteruskan. Jangan sampai Anda mengabaikannya karena bisa menghambat proses mabung.

semoga bermanfaat

disunting ulang dari tipsburung.com

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates