Blog Archive

Recent in Sports

Comments

Ads

Random Posts

Cara Membedakan trotolan cucak ijo jaantan dan betina


Membedakan trotolan pada cucak ijo jantan dan betina terbilang cukup sulit, soalnyaciri-ciri pada trotolan cucak ijo jantan dan betina pada usia muda belum terlihat dengan cukup jelas.Hal ini dipengaruhi juga karena cucak ijo jantan dan betina yang masih dalam kondisi bakalan mempunyai postur tubuh yang hampir sama. Suara ocehanya nya pun bisa dipastikan mirip karena secara logika usia burung muda pasti baru bisa ngeriwik saja atu bahasa umumnya mengeluarkan suara yang belum sempurna atau tergolong masih halus.


Untuk membedakan bakalan atau trotolan cucak ijo betina dan jantan perlu ketelitian yang extra karena jika anda hanya membandingkan dari satu ciri saja biasanya kurang akurat hasilnya dan masih meragukan. Ada beberapa ciri khusus yang biasanya dijadikan patokan oleh para penghobi burung untuk membedakan trotolan cucak ijo jantan dan betina yaitu biasanya dilihat dari karakter (tingkah laku), postur, suara dan fisiknya

Lain halnya jika cucak ijo jantan dan betina sudah dalam usia dewasa, kita bisa membedakannya dengan melihat warna bagian bawah paruh atau bagian dagu dari cucak ijo tersebut. Jika anda lihat di bagian bawah dagu atau paruhnya berwarna kekuningan (kuning janur) bisa kita ambil kesimpulan bahwa cucak ijo tersebut berjenis kelamin betina. Akan tetapi jika bulu di bagian bawah dagu atau paruhnya berwarna hitam pekat bisa disimpulkan bahwa cucak ijo tersebut berjenis kelamin jantan.



Berikut ada beberapa referensi ciri khusus dan umum yang telah kita ringkas dari berbagai sumber yang bisa anda jadikan patokan untuk membedakan jantan dan betina trotolan cucak ijo :

Ciri-ciri Cucak Ijo Jantan
  • Jika anda amati pupil mata cucak ijo jantan akan terlihat jernih dan hitam.
  • Cenderung garis lingkar mata cucak ijo jantan kuning yang lebih tegas atau pekat.
  • Cenderung garis lingkar mata cucak ijo jantan kuning yang lebih tegas atau pekat.
  • Dalam kondisi masih bakalan atau anakan cucak ijo jantan paruhnya berwarna cokelat kusam dan gelap.
  • Tulang supit cucak ijo jantan lebih keras dengan jarak sisi-sisi yang rapat.Jika kulit kaki sudah menyisik maka akan ada bintik-bintik hitam.

Ciri-ciri Cucak Ijo Betina
  • Perhatikan Pupil mata Cucak Ijo Betina kebanyakan berwarna coklat.
  • Lingkar mata Cucak Ijo Betina biasanya berwarna kusam dan warna kuningnya agak pudar dan memutih.
  • Saat masih anakan Cucak Ijo Betina di bagian paruh terlihat berwarna kusam atau putih.
  • Supit urang Cucak Ijo Betina lebih lembek dengan jarak antara kedua sisi-sisi yang renggang.
  • Kebalikan dari Cucak Ijo jantan, kulit kaki Cucak Ijo Betina jika sudah menyisik maka tidak terdapat trotolan hitam.


Di kalangan Kicau mania sebagian para pemain burung biasanya untuk membedakan jenis kelamin pada burung cucak ijo yang paling gampang adalah dengan cara mengamati bentuk tubuhnya dan dagu saja sudah cukup. 

Ciri khusus burung cucak ijo berjenis kelamin jantan memiliki postur tubuh yang gagah dan ukurannya lebih besar akan tetapi lebih pendek. Selain itu, dagu sang pejantan terdapat jelas bulu yang berwarna hitam pekat. Sedangkan untuk cucak ijo yang berkelamin betina, tubuhnya cenderung lebih ramping dan ukurannya relatif lebih panjang. Dibagian dagu cucak ijo betina, warnanya tidak hitam melainkan kuning kehijauan.

Dengan beberapa ringkasan ciri-ciri umum dan khusus burung cucak ijo jantan dan betina diatas semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan anda tentang cara membedakan cucak ijo bakalan jantan dan betina.






Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates